sms blast promosi
SMS blast Sebagai salah satu Media promosi
INFO. 081330620418
Apakah sebelumnya Anda pernah menggunakan SMS Blast untuk
memasarkan produk Anda? Atau mungkin pertanyaan yang lebih mudah, apakah Anda
pernah menerimanya? Jika Anda berdomisili di Jakarta, dan memiliki nomor
telepon salah satu operator telekomunikasi pelat merah, Anda pasti sering
mendapatkan SMS promo dari 2 retailer donat terkemuka, ya kan?
Lebih dari 90% populasi di dunia memiliki telepon seluler.
Hampir semua pemilik telepon seluler tersebut dapat berkomunikasi melalui teks
pesan singkat. Pesan berupa teks yang dikirim melalui satu telepon seluler ke
telepon seluler lainnya ini disebut sebagai pesan singkat yang biasa disebut
sebagai SMS. SMS adalah singkatan dari Short Message Service.
Di antara banyak strategi marketing lainnya, mengapa Anda para
pebisnis perlu melakukan SMS marketing? Bukankah ini cara kuno?
Pernahkah Anda bertanya mengapa masih banyak saja pesan-pesan
pemasaran dari restoran atau perusahaan lainnya yang masuk ke inbox SMS di
ponsel Anda? Mengapa kebanyakan korporat masih menggunakan metode ini? Bahkan
menurut riset di atas, SMS Marketing telah diterapkan selama lebih dari 20
tahun.
Sebenarnya ada banyak kelebihan strategi pemasaran melalui SMS
ini yang nanti akan kami paparkan agar Anda yakin untuk melakukan SMS
marketing. Namun alasan yang paling mendasar masih terkait dengan banyaknya
jumlah pengguna ponsel di paragraf pengantar sebelumnya.
Anda dapat melihat bagaimana pelanggan atau pembeli sangat
bergantung dengan perangkat komunikasi tersebut. Maka sangat masuk akal jika
Anda juga melakukan komunikasi terhadap pelanggan atau pembeli Anda melalui
media tersebut.
Tidak hanya ponsel biasa atau tradisional, kini pengguna ponsel
pintar atau biasa disebut smartphone juga terus meningkat drastis. Berdasarkan
penelitian terbaru yang dilakukan eMarketer, jumlah pengguna smartphone di
Indonesia akan meningkat dari 55 juta pengguna di tahun 2015 menjadi 92 juta di
tahun 2019.
Saat ini, Indonesia menjadi pasar penjualan smartphone terbesar
ke-3 di kawasan Asia Pasifik (Setelah China dan India). Di Asia Pasifik, telah
terdapat lebih dari satu miliar jumlah pengguna smartphone.
Kelebihan SMS Marketing
Setelah membaca data
statistik di atas mungkin Anda masih ragu untuk melakukan strategi marketing
lewat pesan singkat. Namun, kami akan memaparkan lebih lagi keuntungan apa saja
yang bisa Anda dapatkan dari SMS marketing ini!
·
Proses Cepat
SMS Marketing ini
dapat dilakukan dalam hitungan menit dan diterima oleh pelanggan dalam hitungan
menit pula. Waktu yang dibutuhkan oleh penerima pesan adalah kurang dari 3
menit.
Dalam menyusun pesan
atau teks yang Anda ingin sampaikan, tinggal merangkai kata-kata yang menarik
dan to the point. Apakah Anda ingin menawarkan barang khusus yang kemungkinan
besar disukai pelanggan secara personal ataukah mengirimkan pesan berantai yang
berisi promo potongan harga produk Anda.
Anda tidak perlu repot
menyusun ide Anda ke dalam bentuk yang rumit, hanya berupa kata-kata singkat
yang bermanfaat. Tidak seperti iklan di media yang perlu perencanaan cukup lama
mulai dari mengumpulkan ide hingga eksekusi dan penempatan iklan itu sendiri.
·
Cocok untuk
Semua Jenis Mobile Device
Melalui SMS, Anda tak
perlu khawatir kalau pesan Anda tak terbaca oleh perangkat ponsel tertentu.
Sebab pada dasarnya SMS ini bisa diakses dari perangkat manapun, entah ponsel
tradisional atau ponsel pintar.
·
Ramah Lingkungan
Bagi Anda yang peduli
akan lingkungan. Anda tentu tahu bahwa papan-papan iklan di pinggir jalan raya,
atau bahkan sekadar kertas selebaran semacam brosur yang biasa dibagikan toko
adalah bentuk pemasaran yang berdampak bagi lingkungan secara signifikan walau
tak langsung merusak.
Bayangkan
kertas-kertas bosur yang dibuat dari pohon-pohon yang ditebang itu bisa
ditiadakan dengan adanya online marketing atau lebih spesifik lagi,
SMS marketing ini.
·
Bersifat
Personal dan Langsung
Bandingkan SMS
marketing yang bisa dipersonalisasi ini dengan email yang dikirim oleh sistem.
Apalagi email yang Anda kirim menumpuk di kotak inbox pelanggan Anda dan bisa
tergolong spam.
·
Tidak Memakan
Biaya Besar
Tidak seperti strategi marketing lainnya yang cenderung membutuhkan biaya besar, dengan SMS marketing ini, Anda dapat lebih menghemat biaya. Bandingkan dengan biaya pembuatan dan pemasangan iklan di media televisi atau baliho yang harus Anda keluarkan. Atau pencetakan brosur yang Anda lakukan di percetakan yang menghabiskan biaya desain berikut tinta untuk cetak konten brosurnya.
Tips Melakukan SMS Blast atau SMS
Marketing
Berikut ini tips
melakukan SMS blast atau SMS marketing yang harus Anda tahu terlebih dahulu:
Memahami Tujuan SMS Marketing
Sebelum mengeksekusi
rencana Anda untuk melakukan SMS marketing, ada baiknya Anda melakukan
peninjauan yang mendasar dan komprehensif terlebih dahulu. Gunakanlah metode
yang kami sebut sebagai SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, and
Time Specific). Metode ini perlu diterapkan karena SMS marketing Anda perlu
tepat sasaran dan jelas agar komunikasi berupa SMS campaign ini berhasil.
Mengelola SMS Marketing Bersama
SMS marketing ini
tidak dapat dikerjakan hanya oleh satu orang saja. SMS campaign yang ingin Anda
lakukan perlu didiskusikan bersama-sama sesuai dengan tujuan spesifik yang
telah disepakati bersama, terutama dengan departemen marketing dan public
relation bila korporat Anda memilikinya.
Panggilan yang Jelas untuk Tindakan
Customer
Demi membuat pesan
singkat yang mendorong customer untuk melakukan transaksi, entah membeli produk
atau menyewa jasa, Anda perlu memerhatikan isi SMS yang hendak dibagikan.
Pesan yang hendak Anda
sampaikan harus jelas dan menggugah pembaca untuk memikirkan apa yang Anda
sampaikan. Buatlah lead yang memancing rasa penasaran customer. Jangan sampai
penerima pesan langsung mengapus pesan Anda di inbox mereka tanpa membacanya
terlebih dahulu.
Perhatikan keyword
Anda dan jangan membuat kata-kata yang terlalu panjang atau kaku seperti
dikirim oleh sistem.
Meminta Izin Terlebih Dahulu pada
Customer
Sebaiknya Anda telah
mendapatkan izin terlebih dahulu dari pelanggan sebelum Anda mengirimkan SMS
campaign. Namun hal ini bisa jadi dikompromikan seperti yang terjadi pada
provider jaringan telepon yang mengirimkan pesan otomatis ke para pelanggannya.
Meskipun demikian,
biasanya provider memberi kode tertentu yang kembali tujuannya menanyakan apakah
pelanggan tertarik atau tidak pada paket yang ditawarkan. Lalu provider dapat
memberi short code yang dapat dipakai pelanggan untuk memanfaatkan promo yang
ditawarkan contohnya “Ketik Yes/ No kirim ke 888”.
Bagi Anda yang ingin
mengirimkan pesan secara personal ke pelanggan, saat transaksi pertama
misalnya, Anda dapat menanyakan pelanggan Anda secara tatap muka atau langsung,
“Apakah kami boleh meminta nomor telepon Anda? Kami akan menginfokan Anda jika
barang yang Anda minati tersedia di toko kami” dan sebagainya.
Mengetahui Peraturan dan Ketentuan SMS
Marketing
Melakukan SMS
marketing di Indonesia sendiri sebenarnya juga telah diatur regulasi dan
kebijakannya oleh hukum. Dasar-dasar hukum yang ditetapkan terdiri dari dua
bagian yaitu bagi pelaksana dan bagi customer sebagai hak-haknya.
Sebenarnya, Anda bisa
berkonsultasi dengan jasa konsultan dari lembaga telekomunikasi yang ada di
Indonesia agar perusahaan Anda dapat melaksanakan SMS marketing dengan lebih
aman, tidak merugikan pelanggan dan korporat Anda sendiri. Selain itu Anda juga
dapat mencari referenssi terpercaya dari badan regulasi resmi itu sendiri
seperti dari Badan regulasi Telekomunikasi Indonesia
Berikut klien yang Kami jalankan.
SAMSAT JATIM
TOPSEL Indonesia
DAIHATSU MANGKANG
PONS INDONESIA
Komentar
Posting Komentar